Kunci sukses ecommerce
Sekarang ini, E-commerce telah berevolusi begitu pesat jika dibandingkan dengan periode kemunculannya pada akhir tahun 1990an. Berbagai standar, metode, dan desain telah dikembangkan untuk menunjukkan kalau berbelanja melalui internet itu sangat menarik.
Banyak situs-situs di internet yang sudah menerapkan metode belanja online atau E-commerce, namun hanya sedikit yang sudah benar-benar mengembangkan sistem tersebut sehingga memudahkan para konsumen dalam berbelanja. Akibatnya, keraguan dan keengganan konsumen kerap kali timbul untuk menggunakan jasa tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, di bawah ini terdapat beberapa tips bagi anda yang ingin mengembangkan sistem E-commerce supaya menjadi lebih sukses.
1. Tunjukkan posisi navigasi dengan jelas. Ketika pengguna sedang melakukan navigasi dalam sebuah situs yang memiliki halaman dengan sub-sub level, berikan petunjuk tentang keberadaan mereka pada struktur situs tersebut agar jangan sampai bingung. Misalnya dengan memberikan headline, sub-header, dan breadcrumb (Home > DetikSport > Sepak bola > Liga Inggris).
2. Sediakan tombol menghapus pilihan yang telah dibuat. Ketika pengguna sedang mempersempit kategori pilihan tertentu (dalam hal ini dengan memilih desainer “Ted Baker”), sediakan tombol untuk kembali ke menu awal dan jangan sampai pengguna harus menekan tombol “back” berkali-kali.
3. Sediakan fitur untuk mengkategorikan barang dengan kustomisasi. Standar yang biasa digunakan adalah harga (murah s/d mahal atau sebaliknya), popularitas, fitur, penilaian pengguna atau editor, dan model terbaru atau lama. Mungkin anda bisa menghilangkan menu fitur jika memang tidak menyediakan spesifikasi apa-apa. Namun, menu yang lain adalah mutlak.
4. Sebisa mungkin tunjukkan gambar produk. Jika situs anda tidak menampung lebih dari 200 gambar dalam sebuah sub-kategori, sebaiknya anda menampilkan produk anda berupa gambar. Tetapi, hati-hati jangan sampai gambar tersebut mempengaruhi waktu loading situs.
5. Tambahkan opsi yang spesifik. Jika anda bisa menyediakan pilihan yang lebih spesifik, anda akan membuat konsumen lebih nyaman. Misalnya, menyediakan menu ukuran sepatu.
6. Sekali lagi, buatlah menu sespesifik mungkin. Tips no.6 sebetulnya hanya untuk menekankan kembali poin nomor 5.
7. Tunjukkan berapa harga, jumlah stok, dan diskon. Sangatlah penting untuk menunjukkan harga asli dari produk kepada konsumen serta jenis dan jumlah stok yang masih anda miliki. Selain itu, jangan lupa untuk menunjukkan potongan harga jika memang ada. Hal tersebut sangat mendorong keinginan membeli dari konsumen.
8. Letakkan search bar pada posisi yang mudah dicapai. Setelah konsumen telah melakukan pencarian, jangan hanya menunjukkan hasilnya saja, tetapi tetap sediakan tampilan search bar tersebut agar dapat memudahkan konsumen dalam pencarian selanjutnya.
9. Berikan juga opsi untuk mensortir pencarian produk. Sediakan sistem pencarian yang canggih untuk memudahkan konsumen mencari barang yang sesuai keinginan mereka. Seringkali, masalah pencarian produk ini menjadi musuh utama konsumen dalam E-commerce.
10. Sediakan alternatif pencarian sebanyak mungkin, asalkan masih relevan. Cobalah lihat pada contoh milik eBay yang menunjukkan hasil pencarian produk.
11. Bagikan informasi pendukung yang tepat. Banyak produk didesain untuk cocok dengan kriteria-kriteria tertentu, misalnya: sarung ponsel (untuk tipe-tipe tertentu), earphone untuk ponsel, dan lain-lain. Untuk itu, sebaiknya situs menjelaskan kalau produknya itu cocok untuk apa saja.
12. Pastikan anda masih mempunyai stok barang yang ditawarkan. Hindarkan kondisi di mana konsumen sudah memesan barang dan ternyata anda sudah tidak memiliki stok lagi, karena hal tersebut dapat mengakibatkan berpindahnya konsumen ke toko yang lain.
13. Jangan sampai menyediakan terlalu banyak foto untuk sebuah produk. Untuk menghindarkan lamanya waktu loading, sebaiknya anda mempersiapkan sedikit foto dengan sudut pandang yang paling mewakili keseluruhan produk atau membuat tampilan 3D untuk produk tersebut.
14. Sediakan pilihan pengiriman barang. Banyak konsumen yang mencari pilihan pengiriman barang sebelum mereka mulai berbelanja,jadi sebaiknya sediakanlah opsi pengiriman barang.
15. Jika tidak bisa mengirimkan, sediakan alternatifnya. Lebih baik sediakan link penjual lainnya untuk mendapatkan komisi penjualan, dari pada tidak menyediakan. Karena, dengan tidak menyediakan link, konsumen akan beralih ke toko lain dan anda akan mendapatkan nol besar.
16. Pastikan proses pembelian melalui Email. Kirimkan berita tentang pengiriman melalui email atau apapun, supaya konsumen tidak merasa bingung. Dengan ini, konsumen akan yakin kalau proses pembeliannya berjalan lancar.
17. Konfirmasikan kembali kalau produk yang dipesan sudah benar. Sering kali, konsumen mendapatkan barang dengan spesifikasi yang salah. Untuk itu, sebaiknya anda mengkonfirmasikan ulang kalau produk yang akan dikirim benar-benar sesuai pesanan.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
8. Tiga Komponen Kunci Sukses E-commerce
9. E-commerce secara perlahan menjadi salah satu bentuk ekspresi yang paling penting ekonomis. Aku tidak akan masuk ke nomor menjelaskan berapa banyak miliaran dolar transaksi dilakukan via internet setiap tahun. Saya hanya akan menekankan fakta bahwa e-commerce memang dapat menjadi usaha yang sangat menarik bagi mereka yang cukup tertarik untuk mengetahui teknik-teknik itu melibatkan.
Anda lihat, ada banyak pedagang di luar sana yang hanya mengabaikan aturan dasar pemasaran internet dan berakhir dalam kebangkrutan atau meninggalkan uang di atas meja untuk orang lain untuk mengambil.
Dan aturan penting yang pertama adalah: jangan mengabaikan situs Anda. Untuk mendapatkan yang baik menjual, Anda harus memiliki media jual menarik. Jangan melihat situs Anda sebagai situs yang sederhana, melihatnya sebagai toko Anda. Setelah semua, apa toko Anda lebih memilih untuk masuk? Sebuah rapi, satu atau bersih yang kotor? Apakah Anda membeli dari yang kotor?
Begitulah pengunjung Anda akan melihatnya jika situs Anda tidak profesional. Harus ekspresi produk Anda, dan dapat sangat berguna jika memiliki rasa sendiri. Itulah yang akan membuat pelanggan membedakan Anda dari yang lainnya dan datang lagi, membeli lagi, dan bahkan merujuk Anda kepada orang lain. Ini disebut branding dan ya, pemasaran online tidak berbeda dari rekan offline nya.
Selain itu, situs Anda harus dapat memimpin cepat. Cobalah menghindari animasi flash atau hal-hal seperti itu yang hanya akan membuat situs Anda beban dengan susah payah. Hal ini hanya akan membuat pengunjung Anda merasa jengkel dan meninggalkan dalam sekejap. Lagi pula, mengapa tinggal di tempat Anda ketika mereka memiliki semua pilihan yang tersedia lainnya hanya dengan sekali klik?
E-commerce juga tentang satu hal penting lainnya: niche pemasaran. Seperti saya katakan, persaingan sengit di semua tetapi beberapa bidang kegiatan di internet. Itu sebabnya Anda perlu untuk membedakan dari yang lain dengan niche pemasaran.
Niche pemasaran dasarnya adalah apa namanya. Anda harus memilih niche tertentu dan untuk mendominasi itu, dan lebih bawah Anda dapat memecahkannya, semakin besar peluang Anda untuk sukses. Tentu saja, Anda tidak ingin pergi ridiculously bawah, seperti menjual bola sepak dengan titik-titik kuning dan hitam hijau saja. Dalam contoh ini, menjual segala macam bola sepak bola akan menjadi pilihan yang cukup bagus.
Dan last but not least, untuk menjadi internet marketer sukses, Anda perlu satu hal lebih penting. Hal ini penting, mungkin yang paling penting mereka semua: pikiran yang terbuka. Jika Anda tidak memiliki itu, Anda mungkin akan mendapatkan terhuyung-huyung sepanjang jalan. Hal ini karena Anda tidak memiliki toko yang dapat Anda sentuh, itu hanya sebuah situs web. Setidaknya ini adalah apa yang orang lain akan berkata.
kebenaran adalah bahwa Anda harus memperlakukan secara serius, seperti bisnis lainnya. Jika Anda cerdas, Anda akan menjual jauh lebih banyak dibandingkan dengan toko offline. Inilah yang membuat e-commerce sehingga menarik setelah semua.
Sabtu, 06 November 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar