Kamis, 06 Januari 2011
MENGENAL MYOB ACCOUNTING
A. Pengertian MYOB Accounting
Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOB Accounting versi 13 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama, yaitu pemasukkan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca, laba rugi dan sebagainya.
Follow up:
B. Membuat Data Perusahaan pada MYOB
Langkah – langkah yang harus dilakukan :
1. Klik tombol start
2. Pilih all program> MYOB Accounting v13> MYOB Accounting v13
3. Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses
a. Open, untukmembuka data MYOB yang telah ada
b. Create, untuk membuat data perusahaan baru
c. Explore, untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan
d. What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi 12 ini
e. Exit, untuk mengakhiri program MYOB
4. Klik tombol create new company file, klik next
5. Klik company information lalu masukkan data perusahaan. Setelah itu klik next
6. Lalu masukkan periode akuntansi, dan klik next bila sudah selesai
7. Klik tombol save. Klik next
8. Selanjutnya akan tampil informasi proses telah selesai
C. Mengenal Area Kerja MYOB Accounting v 13
Setelah anda membuat data perusahaan pada MYOB, Anda perlu mengenal area kerja pada MYOB Accounting v15 sebelum anda memindahkan data perusahaan ke dalam MYOB Accounting.
D. Mengakhiri Program MYOB Accounting v 13
Untuk mengakhiri anda ikuti langkah sebagai berikut:
1. Klik file > Exit
2. Kotak dialog konfirmasi akan tmapil, klik tombol yes
3. MYOB akan menampilkan kotak informasi lagi, kemudian tandai option backup all data dan check company file for errors, klik tombol continue
4. Kotak konfirmasi MYOB accounting ditampilkan, yang memberitahukan bahwa tidak terjadi kesalahan dalam data anda. Klik ok
5. Kotak dialog backup ditampilkan, ketik nama file absolute pada kotak file name, klik save
6. Proses backup dilakukan setelah selesai aplikasi MYOB accounting akan langsung tertutup.
MEMINDAHKAN DATA PADA MYOB
>
A. Membuka File
1. Buka program MYOB Accounting v13
2. Pada kotak informasi klik tombol open your company file
3. Pada bagian look ini pilih drive di mana file disimpan
4. Pilih file dokumen dan klik tombol open
5. Akan tampil kotak dialog sign-on,kemudian klik ok
6. Klik pilihan enter later untuk menunda pengisian nomor registrasi selanjutnya klik tombol ok
7. Selanjutnya pada kotak dialog konfirmasi akan menunjukkan perifikasi data, klik tombol no
8. Selanjutnya file akan tampil.
Follow up:
B. Persiapan Data Akuntansi
Daftar Saldo Rekening
Data Pelanggan
Data Pemasok
Data Barang Dagangan
C. Daftar Perkiraan
Mengganti Nama Perkiraan
1. Klik modul perkiraan (account), kemudian pilih account list
2. Pastikan tab asset dalam keadaan terpilih kemudian klik ganda pada perkiran assets, muncul kotak dialog edit account, ganti account name menjadi aktiva kemusian klik ok
3. Dengan mengulangi langkah diatas untuk hasil penggantian nama perkiraan lakukan untuk perkiraan lainnya.
4. Langkah terakhir adalah tutup jendela account list dengan tombol close
Membuat Nama Perkiraan
1. Buka jendela account list dengan klik modul perkiraan kemudian pilih naccount list
2. Ada klik tombol new bawah layar
3. Pastikan kelompok perkiraan anda adalah asset, kemudian kerikkan nomor perkiraan pada account number, selanjutnya tekan tombol tab, isi account name dengan nama perkiraan yang baru
4. Selesai klik tomol ok
5. Utnuk membuat nama perkiraan yang lain ikuti langkah diatas tadi
6. Langkah terakhir klik close
Menghapus Perkiraan
1. Klik modul perkiraan, kemudian pilih account list
2. Setelah Setelah itu klik tanda panah yang terletak sebelah kiri nama perkiraan misal perkiraan undeposit Funds
3. Kemudian akan tampil kotak edit account, karena perkiraan yang dicontohkan perkiraan linked atau terhubung maka kita harus menggantikan posisi untuk perkiraan ini. Untuk itu klik tanda panah linked accounts for
4. Ubah nomor dan nama perkiraan dengan mengkil kolom isian tersebut
5. Kemudian kotal dialog tampil dan nama perkiraan tampil misalkan kita ingin menganti dengan perkiraan bank solo (1-1130), kemudian klik tombol use account
6. Selanjutnya klik yes pada kotak informasi
7. Klik Ok
8. Untuk menghapus klik menu edit dan klik delete account
9. Untuk menghapus nama perkiraan lain ikuti langkah diatas.
10. Klik close
D. Link Transaksi
Link transaksi merupakan hubungan otomatis antar perkiraan satu dengan perkiraan lain. Contoh perkiraan piutang dan kas
Link Transaksi Perkiraan Buku Besar dan Kas/Bank
1. Klik setup, linked account, account & Banking accoaunts
2. Selanjutnya tampil kotak dialog yang mana anda akan mnegiisi nomor perkiraan yang menghubungkan perkiraan dan kas
3. Contoh kita akan mengganti nama perkiraan untuk perkiraan link pembayaran elektronik
4. Selanjutnya tampil kotak dialog pilih perkiraan Bank Permata, terakhir klik tombol use account
5. Pilih Yes
6. Lakukaan langkah diatas selanjutnya untuk mengganti perkiraan yang lain
7. Klik ok
Link Transaksi Perkiraan Penjualan
1. Klik setup, linked accounts, sales account
2. Sales linked accounts akan tampil
3. Isilah transaksi perkiraan penjualan untuk akun perkiraan untuk penerimaan piutang dengan bank permata
4. terakhir Klik Ok
Link Transaksi Perkiraan Pembelian
1. Klik menu setup, linked account, purchase account
2. Selanjutnya kotak dialog purchases linked accounts akan tampil
3. Selanjutnya ganti perkiraan untuk pembayaran hutnag ke link Bank Solo (1-1130)
4. Terakhir klik Ok
E. Kode Pajak
Menghapus Kode Pajak
1. Klik list, tax code
2. Tax Code akan tampil
3. Pilih nama kode pajak yang akan dihapus, setelah itu kotak dialog akan tmapil, kemudian baris menu anda pilih menu edit delete tax code
4. Klik Ok
5. Klik close untuk menutup kotak dialog tax code list
6. Klik close untuk menutup
Membuat Kode Pajak
1. Klik menu list, tax code
2. Klik tombol new
3. Kemedian isi kode pajak PPn padakolom isian tax kode
4. Kemudian klik tab, isi pajak pertambahan nilai pada description
5. Lalu pilih tipe pajak good & service tax dengan mengklik tombol pull down pada tax type
6. Klik 10%
7. Pada kolom isian Linked Account for Tax Collected klik tombol drop down pilih 2-1310 (PPN Keluaran) pada kotak dialog select from list klik tombol use account dan 2-1320 (PPN Masukkan) pada kolom isisan linked account for tax paid
8. Pada linked card for tax authority masukkan nomor pajak yang tercatat dalam kartu file pemasok atau dapat anda kosongkan
9. Klik ok
10. Klik close
F. Membuat Card File
1. Pada jendela command center klik card file
2. Klik card list
3. klik tombol new
4. Pastikan check box inactive card dalam keadaan uncheck, kemudian isi kolom dalam tab profile dengan data sebelumnya
5. Untuk melihat hasil klik Profile
6. Klik card details untuk masuk step berikutnya
7. Untuk menyisipkan gambar pelanggan dapat dilakukan dnegan klik ganda picture information
8. Klik tombol link
9. Lalu klik file bitmap, open
10. Selanjutnya klik ok
11. Isi informasi tambahan untuk kartu pelanggan
12. Klik tab selling details
13. Dalam tab ini anda mengisi informasi detail penjualan yang berlaku untuk pelanggan
14. Klik tab payment details untuk tab berikutnya, dan isi seluruh informasi yang tampil
15. Lalu klik tab contag log untuk masuk ke tampilan berikutnya, kotak ini menampilkan jadwal kegiatan pelanggan
16. Klik tab jobs, kotak dialog akan tmapil anda diminta untuk mengisi daftar jobs dengan pelanggan
17. Klik tab history untuk menampilkan total penjualan bulanan tahun terdahulu dan tahun yang sedang berjalan
18. Klik ok
G. Mengubah Kartu File
1. Pastikan jendela card list dalam modul card file
2. Pilih dan klik ganda kartu file yang akna diubah
3. Lalu lakukan perubahn jika layar tmapilan telah nampak.
4. Klik Ok
H. Daftar Persediaan
1. Modul Inventory, aktifkan kotak dialog item list
2. Klik tombol new
3. Kemudian isi A-001 pada kolom isian item number, klik tab isi stop map pada name
4. Aktifkan kotak periksa I buy this item, klik tombol drop down pada kotak expense account for tracking cost, untuk menampilan kotak select from list tekan tombol new
5. Kotak dialog edit account akan ditmapilkan, pastikan kolom account classification berisi cost of sales, jika tidak klik tombol drop down disebelahnya pilih cost of sales, isi nomor perkiraan 1000 pada kolom account number, tekan tab kemudian isi harga pokok penjualan pada kotak isian account name kemudian klik ok
6. Kemudian tampil kotak information klik tombol drop down pada kotak expense account for tracking cost pilih harga pokok penjualn dari kotak dialog select from list klik use account
7. Aktifkan kotak a sell this item, masukkan nomor perkiraan 4-1000 untuk perkiraan penjualan
8. Aktifkan kotak inventory this item jika barang tersebut akan dicatat dalam perkiraan persediaan. Masukkan no. perkiraan 1-1400 untuk perkiraan persediaan barang dagang pada kotak asset account for item inventory
9. Kli buying details, kotak dialog item information dalam tab buying details
10. Isi pack dalam kotak isian buying unit of measure, klik tab 2 kali kemudian isi PPN
11. Klik tab selling details isi Rp 30.000
12. Klik Ok
13. Klik Close
Mengisi Harga Jual dan Jumlah Persediaan
1. Dalam modul inventory, aktifkan kotak dialog adjust inventory dengan menekan tombol adjust inventory
2. Isi tanggal transaksi 01/01/05 kemudian isi memo dengan persediaan awal barang
3. Klik tab 2 kali kemudian select from list
4. Pilih item misalnya StopMAp klik Use Item
5. Tekan tab kemudian isi jumlah persediaan yaitu 500 pack
6. Lalu masukkan item perunit Rp 25.000
7. Terakhir tekan tab 2 kali untuk mengisi nama perkiraan pada kotak dialog select from list, pada kolom look for isi nomor perkiraan 1-4000. Kemudian klik use account, nama perkiraan persediaan barang dagang
8. Apabila telah terisi semua klik record
9. Klik cancel
I. Mencatat Saldo Awal
Saldo Awal Perkiraan
1. Klik setup, balances, account opening balance
2. Ketik saldo untk perkiraan kas yaitu Rp 2.750.000 (tanpa Rp)
3. Tekan enter isi saldo awal berikutnya
4. Klik Ok
5. Klik modul account klik account list untuk mengaktifkan kotak dialog, maka tampil keseluruhan saldo awal.
6. Klik close
Saldo Awal Piutang Dagang
1. Klik menu setup, balances, customer opening balance
2. Kemudian pilih dan klik satu pelanggan, lalu klik tombol add sale
3. Selanjutnya tekan tab untuk sampai pada kolom date dan totalincluding tax isilah bagian kolom tersebut
4. Pastikan kode pajak adalah N-T, jika tidak klik drop down select from list pilih N-T use tax code
5. Klik record
6. Lalu kita berada pada kotak customer opening balance klik option customer summary
7. Lakukan langkah tasi untuk pelanggan lainnya.
8. Klik Ok
9. Klik close
Saldo Awal Hutang Dagang
1. Pada jendela command center. Klik menu setup, balance, supplier opening balance
2. Kemudian pilih dan klik salah satu pemasok, klik tombol add purchase
3. Selanjutnya klik tab untuk sampai pada kolom date dan tab totalincluding tas, maka masukkan data sesuai dengan informasi
4. Pastikan tax code dalam keadaan N-T
5. Lalu klik tombol record
6. Selanjutnya semua data pemasok dimasukkan dengan cara tadi.
7. Apabila telah selesai klik OK
8. Klik close
Fitur (MODUL) yang disediakan MYOB
MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket.Beberapa modul ( fitur ) gabungan oleh MYOB Accounting yang kemudian digabung salah satu form yang disebut dengan Command Centre, adalah sbb :
1. Account
Terdiri dari :
- Account List
- Record Journal Entry
- Transaction Journal
2. Banking
Terdiri dari :
- Spend Money
- Receive Money
- Prepare Bank
- Deposit
- Bank Register
- Reconcile Account
- Print Cheque
- Transaction Journal
3. Sales
Terdiri dari :
- Sales Register
- Enter Sales
- Received Payment
- Transaction Journal
- Print Invoice
- Print Statment
4. Purchase
Terdiri dari :
- Purchase Register
- Enter Purchase
- Pay Bill
- Print Cheque Order
- Print Cheque
- Prepare Electrinic
- Payment
- Transaction Journal
5. Inventory
Terdiri dari :
- Item List
- Set Item List
- Count Inventory
- Tranfer Inventory
- Adjust Inventory
- Auto Build Inventory
- Transaction Journal
6. Card File
Terdiri dari :
- Card List
- Contac Log
- Print Mailing Labels
Langkah - Langkah program MYOB
1. Buka program MYOB, lalu klik Create
2. Buat nama perusahaan yang akan dibuat , lalu klik Next saja
3. Buat Periode akuntansi
Last Month of Financial : Bulan Desember
Conversion Month : Bulan Januari
4. Muncul dat yang telah kita buat tadi, Next saja
5. anda akan diberikan 3 pilihan
- Pilihan I : Menggunakan Perkiraan dari MYOB
- Pilihan II : Menimpor dari perkiraan perusahaan lain
- Pilihan III : Membuat sendiri perkirannya
6. Standarnya pilih saja no. 1 , Lalu Next
7. Pilih tempat penyimpanan data anda, setelah itu Next
8. Kemudian Pilih Command Center
9. Setelah itu akn muncul lembar kerja anda
MYOB TRAINING CENTRE
Sebagai pendahuluan, kami akan memperkenalkan secara garis besar tentang program MYOB. MYOB (Mind Your Own Business) adalah program manajemen bisnis yang terpadu yang dijalankan pada sistem operasi Windows. Saat ini, sudah lebih dari 500.000 ribu salinan program MYOB dipakai di beberapa negara maju seperti Amerika, Australia, Canada, Selandia Baru, Inggris, Singapura, dan Malaysia sejak tahun 1980-an. Demikian pula halnya di Indonesia kami mulai memasarkan produk MYOB sejak tahun 1999. Jumlah penggunanya semakin bertambah, yang mengindikasikan bahwa program MYOB adalah program akuntansi terbaik di kelasnya.
APA ITU ‘MYOB TRAINING CENTRE’ ?
MYOB TRAINING CENTRE adalah salah satu divisi dari ANUGERAH DEWATA COMPUTER, sebuah perusahaan yang bergerak di dalam jasa teknologi informasi yang memfokuskan diri pada program MYOB. Secara resmi kami merupakan satu-satunya konsultan yang dipercaya oleh MYOB Australia Pty.Ltd di Indonesia untuk menjual dan melayani jasa purna jual untuk produk MYOB. Konsultan dan tenaga pengajar kami telah terlatih dan mendapat pendidikan langsung dari MYOB Australia Pty. Ltd. Kami sudah melayani lebih dari 100 perusahaan lokal dan multi-nasional di Bali, Surabaya, dan Jakarta dalam kurun waktu 7 tahun terakhir.
MYOB TRAINING CENTRE mempunyai visi memberikan nilai tambah (value-added) baik bagi komunitas lokal yang ada di Bali dalam bidang Human Resources Development, maupun juga bagi pengguna program MYOB. Para alumni dari MYOB TRAINING CENTRE akan lebih mudah memperoleh lapangan pekerjaan karena sudah diperlengkapi dengan keahlian mengoperasikan program MYOB.
Selain memberikan nilai tambah bagi tenaga professional Indonesia untuk dapat bersaing dalam dunia kerja, kami memberikan nilai-tambah juga bagi para pengguna MYOB untuk tidak khawatir dalam menggunakan program MYOB, karena program ini sudah akrab dengan para profesional yang bekerja di bidang manajemen dan akuntansi. Para alumnus MYOB TRAINING CENTRE sendiri telah merasakan banyak manfaat dalam hal persaingan di dunia kerja, dan lebih mudah mendapat promosi jabatan karena tambahan keahlian dalam mengoperasikan program MYOB.
Latar Belakang dan Manfaat
Di era globalisasi dewasa ini, kebutuhan akan adanya sistem informasi manajemen yang baik adalah kebutuhan yang sangat krusial bagi perusahaan. Penggunaan komputer di dalam otomatisasi kantor dan sistem yang terpadu adalah keharusan bagi perusahaan untuk eksis dalam dunia bisnis. Karena itu, para profesional pun dituntut untuk bisa mengembangkan keahlian di bidang komputer secara terus menerus. Salah satu dasar sistem informasi manajemen yang krusial adalah penggunaan program akuntansi dalam melakukan transaksi bisnis.
Dengan demikian, penggunaan program akuntansi adalah kebutuhan mendasar untuk menjalankan bisnis, seperti halnya pemasaran dan operasi. Dengan program akuntansi, seluruh aspek bisnis yang dikelola dapat diukur dengan tepat waktu, tanpa harus menunggu selesainya laporan yang harus dibuat secara manual dan memakan waktu lama. Informasi akuntansi sangat berguna bagi aktifitas perusahaan atau manajemen dalam mengambil keputusan. Informasi ini sangat penting artinya untuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan yang efektif untuk kelangsungan hidup perusahaan. MYOB adalah program akuntansi yang didesain untuk memenuhi kebutuhan penyediaan informasi akuntansi, sekaligus sebagai alat pengolah laporan keuangan.
Melihat pentingnya keahlian dalam mengoperasikan program akuntansi komputerisasi, kami menawarkan paket pelatihan bagi para mahasiswa, agar kelak pada saat mereka lulus, para mahasiswa akan mempunyai bekal siap kerja di dalam dunia bisnis.
Sangatlah tidak sempurna apabila kita hanya memperlengkapi para mahasiswa dengan pengetahuan teoritis tanpa ada tambahan pengetahuan di bidang teknologi informasi bagi para mahasiswa jurusan ekonumi khususnya. Apalagi jika pihak universitas tidak bisa memperlengkapi tenaga sarjana dengan keahlian siap kerja, maka masa depan universitas juga masih menjadi tanda tanya besar di kemudian hari untuk bisa eksis dalam dunia pendidikan.
Di negara-negara maju seperti Australia, Amerika dan Canada, pelatihan program MYOB telah diajarkan sebagai mata kuliah wajib bagi para mahasiswa jurusan Ekonomi sejak tahun 1990 an. Di Indonesia, sedikit demi sedikit kami mulai memperkenalkan program MYOB bagi mahasiswa dengan harapan para mahasiswa akan mampu bersaing dengan para lulusan luar negeri dalam hal keahlian dan kompetensi.
MANFAAT
Dengan latar belakang pentingnya program MYOB dalam dunia usaha, kami dapat menyimpulkan beberapa manfaat penting yang akan didapat para mahasiswa, dan juga manfaat bagi pihak universitas setelah mengikuti program pelatihan dari MYOB TRAINING CENTRE :
1.Mahasiswa akan mendapat keahlian khusus dalam mengoperasikan program MYOB.
Saat ini program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya. Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Dengan keahlian mengoperasikan program MYOB, mahasiswa akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas.
2.Mahasiswa mempunyai daya saing di dalam dan luar negeri.
MYOB adalah program yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti : Amerika, Australia, Canada, Singapura, Inggris dll. Dengan demikian keahlian ini tidak saja berguna dalam mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga menjadi bekal untuk bersaing sebagai tenaga professional di luar negeri.
3.Pengalaman bekerja dengan data perusahaan menggunakan program MYOB.
Dengan mengikuti pelatihan MYOB, maka pada saat mahasiswa telah menyelesaikan program studinya di universitas, mereka akan mendapatkan tambahan pengalaman didalam pengoperasian program MYOB.
4.Mahasiswa yang mendapat pelatihan program MYOB adalah mahasiswa siap pakai dalam dunia usaha.
Dengan mendapat pelatihan program MYOB, mahasiswa tidak perlu lagi mengambil program tambahan untuk dapat siap masuk di dunia usaha.
5.Mahasiswa akan mendapat pengalaman praktek langsung tentang akuntansi dalam dunia bisnis.
Dengan mengikuti program pelatihan ini, mahasiswa akan mencoba data perusahaan langsung dipraktekkan di dalam komputer dengan menggunakan program MYOB.
6.Para pengajar kami adalah para profesional, akuntan dan praktisi bisnis.
Para pengajar adalah mereka yang bekerja dengan menggunakan program MYOB di perusahaan-perusahaan lokal dan multi-nasional. Dengan demikian, pengalaman para profesional dan praktisi akan menambah wawasan mahasiswa dalam dunia bisnis secara nyata, dan bukan hanya teori saja.
7.Para pengajar kami telah mendapat pelatihan khusus dari konsultan kami, yang merupakan mitra bisnis dari MYOB Australia Pty. Ltd.
Dengan demikian, para pengajar kami akan selalu mengikuti perkembangan informasi teknologi terkini, yang tidak mungkin didapat dari para pengajar yang tidak terjun secara full-time dalam bidang informasi teknologi.
8.Kurikulum mengadopsi MYOB TRAINING CENTRE - AUSTRALIA.
Dengan mengikuti pelatihan dari MYOB TRAINING CENTRE akan mendapat manfaat yang sama apabila mahasiswa tersebut mengikuti program MYOB TRAINING CENTRE di Australia, tentu saja dengan biaya yang jauh lebih murah.
9.MYOB TRAINING CENTRE adalah satu-satunya konsultan yang dipercaya oleh MYOB Australia Pty. Ltd.
Dengan demikian para pengajar mendapatkan sumber ilmu dan informasi dari konsultan yang memang ahli dalam bidang program MYOB, bukan dari sumber yang diragukan kredibilitas dan kemampuannya.
10.Sertifikasi dari MYOB TRAINING CENTRE yang telah mendapat pengakuan dari ratusan perusahaan klien kami.
Selama ini, kami telah membuktikan bahwa klien kami akan memberi rating yang tinggi bagi para alumnus MYOB TRAINING CENTRE.
11.Sertifikasi setara program Eksekutif dan Professional di MYOB TRAINING CENTRE, dengan harga khusus mahasiswa.
Sertifikat yang dikeluarkan oleh MYOB TRAINING CENTRE adalah sertifikat yang sama dan setara dengan sertifikat yang kami keluarkan bagi masyarakan umum, dengan harga yang lebih murah untuk para mahasiswa.
12.Software yang digunakan adalah software MYOB asli.
Karena kami adalah mitra bisnis MYOB Australia, maka tidak diragukan lagi, software yang akan digunakan adalah software yang asli, dan bukan software bajakan.
13.Mahasiswa diperkaya dengan studi kasus dari para pengajar kami.
Karena para pengajar kami adalah professional yang telah bekerja sama dengan banyak perusahaan lokal dan multi-nasional, maka para mahasiswa akan diperkaya dengan pengalaman dari studi kasus yang terjadi di dalam perusahaan berskala lokal dan internasional.
14.Perkembangan Informasi Teknologi yang terkini dapat diikuti.
Karena staf pengajar kami adalah konsultan MYOB Australia Authorised Reseller, yang maka mahasiswa dapat mengikuti perkembangan informasi teknologi. Setiap kali ada riset dan pengembangan software, otomatis materi pengajaran dan software yang digunakan akan diganti dengan yang terbaru.
15.Buku Panduan Khusus MYOB dalam bahasa Indonesia.
Buku Panduan yang dibuat oleh Tim Konsultan kami adalah buku yang lengkap, memuat semua teori dan contoh soal yang banyak terjadi dalam dunia bisnis. Ditulis dengan rapi, dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipelajari sebagai pedoman pendalam program bagi mahasiswa di kemudian hari, bahkan pada saat mahasiswa tersebut terjun ke dalam dunia kerja.
16.Nilai tambah bagi universitas yang memberikan sertifikasi dari MYOB TRAINIG CENTRE.
Dengan memberikan program pelatihan MYOB bagi para mahasiswa, maka universitas akan mempunyai nilai lebih dari universitas lain yang tidak memberikan program pelatihan MYOB bagi mahasiswanya
Sabtu, 06 November 2010
kunci sukses e - commerce
Sekarang ini, E-commerce telah berevolusi begitu pesat jika dibandingkan dengan periode kemunculannya pada akhir tahun 1990an. Berbagai standar, metode, dan desain telah dikembangkan untuk menunjukkan kalau berbelanja melalui internet itu sangat menarik.
Banyak situs-situs di internet yang sudah menerapkan metode belanja online atau E-commerce, namun hanya sedikit yang sudah benar-benar mengembangkan sistem tersebut sehingga memudahkan para konsumen dalam berbelanja. Akibatnya, keraguan dan keengganan konsumen kerap kali timbul untuk menggunakan jasa tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, di bawah ini terdapat beberapa tips bagi anda yang ingin mengembangkan sistem E-commerce supaya menjadi lebih sukses.
1. Tunjukkan posisi navigasi dengan jelas. Ketika pengguna sedang melakukan navigasi dalam sebuah situs yang memiliki halaman dengan sub-sub level, berikan petunjuk tentang keberadaan mereka pada struktur situs tersebut agar jangan sampai bingung. Misalnya dengan memberikan headline, sub-header, dan breadcrumb (Home > DetikSport > Sepak bola > Liga Inggris).
2. Sediakan tombol menghapus pilihan yang telah dibuat. Ketika pengguna sedang mempersempit kategori pilihan tertentu (dalam hal ini dengan memilih desainer “Ted Baker”), sediakan tombol untuk kembali ke menu awal dan jangan sampai pengguna harus menekan tombol “back” berkali-kali.
3. Sediakan fitur untuk mengkategorikan barang dengan kustomisasi. Standar yang biasa digunakan adalah harga (murah s/d mahal atau sebaliknya), popularitas, fitur, penilaian pengguna atau editor, dan model terbaru atau lama. Mungkin anda bisa menghilangkan menu fitur jika memang tidak menyediakan spesifikasi apa-apa. Namun, menu yang lain adalah mutlak.
4. Sebisa mungkin tunjukkan gambar produk. Jika situs anda tidak menampung lebih dari 200 gambar dalam sebuah sub-kategori, sebaiknya anda menampilkan produk anda berupa gambar. Tetapi, hati-hati jangan sampai gambar tersebut mempengaruhi waktu loading situs.
5. Tambahkan opsi yang spesifik. Jika anda bisa menyediakan pilihan yang lebih spesifik, anda akan membuat konsumen lebih nyaman. Misalnya, menyediakan menu ukuran sepatu.
6. Sekali lagi, buatlah menu sespesifik mungkin. Tips no.6 sebetulnya hanya untuk menekankan kembali poin nomor 5.
7. Tunjukkan berapa harga, jumlah stok, dan diskon. Sangatlah penting untuk menunjukkan harga asli dari produk kepada konsumen serta jenis dan jumlah stok yang masih anda miliki. Selain itu, jangan lupa untuk menunjukkan potongan harga jika memang ada. Hal tersebut sangat mendorong keinginan membeli dari konsumen.
8. Letakkan search bar pada posisi yang mudah dicapai. Setelah konsumen telah melakukan pencarian, jangan hanya menunjukkan hasilnya saja, tetapi tetap sediakan tampilan search bar tersebut agar dapat memudahkan konsumen dalam pencarian selanjutnya.
9. Berikan juga opsi untuk mensortir pencarian produk. Sediakan sistem pencarian yang canggih untuk memudahkan konsumen mencari barang yang sesuai keinginan mereka. Seringkali, masalah pencarian produk ini menjadi musuh utama konsumen dalam E-commerce.
10. Sediakan alternatif pencarian sebanyak mungkin, asalkan masih relevan. Cobalah lihat pada contoh milik eBay yang menunjukkan hasil pencarian produk.
11. Bagikan informasi pendukung yang tepat. Banyak produk didesain untuk cocok dengan kriteria-kriteria tertentu, misalnya: sarung ponsel (untuk tipe-tipe tertentu), earphone untuk ponsel, dan lain-lain. Untuk itu, sebaiknya situs menjelaskan kalau produknya itu cocok untuk apa saja.
12. Pastikan anda masih mempunyai stok barang yang ditawarkan. Hindarkan kondisi di mana konsumen sudah memesan barang dan ternyata anda sudah tidak memiliki stok lagi, karena hal tersebut dapat mengakibatkan berpindahnya konsumen ke toko yang lain.
13. Jangan sampai menyediakan terlalu banyak foto untuk sebuah produk. Untuk menghindarkan lamanya waktu loading, sebaiknya anda mempersiapkan sedikit foto dengan sudut pandang yang paling mewakili keseluruhan produk atau membuat tampilan 3D untuk produk tersebut.
14. Sediakan pilihan pengiriman barang. Banyak konsumen yang mencari pilihan pengiriman barang sebelum mereka mulai berbelanja,jadi sebaiknya sediakanlah opsi pengiriman barang.
15. Jika tidak bisa mengirimkan, sediakan alternatifnya. Lebih baik sediakan link penjual lainnya untuk mendapatkan komisi penjualan, dari pada tidak menyediakan. Karena, dengan tidak menyediakan link, konsumen akan beralih ke toko lain dan anda akan mendapatkan nol besar.
16. Pastikan proses pembelian melalui Email. Kirimkan berita tentang pengiriman melalui email atau apapun, supaya konsumen tidak merasa bingung. Dengan ini, konsumen akan yakin kalau proses pembeliannya berjalan lancar.
17. Konfirmasikan kembali kalau produk yang dipesan sudah benar. Sering kali, konsumen mendapatkan barang dengan spesifikasi yang salah. Untuk itu, sebaiknya anda mengkonfirmasikan ulang kalau produk yang akan dikirim benar-benar sesuai pesanan.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
8. Tiga Komponen Kunci Sukses E-commerce
9. E-commerce secara perlahan menjadi salah satu bentuk ekspresi yang paling penting ekonomis. Aku tidak akan masuk ke nomor menjelaskan berapa banyak miliaran dolar transaksi dilakukan via internet setiap tahun. Saya hanya akan menekankan fakta bahwa e-commerce memang dapat menjadi usaha yang sangat menarik bagi mereka yang cukup tertarik untuk mengetahui teknik-teknik itu melibatkan.
Anda lihat, ada banyak pedagang di luar sana yang hanya mengabaikan aturan dasar pemasaran internet dan berakhir dalam kebangkrutan atau meninggalkan uang di atas meja untuk orang lain untuk mengambil.
Dan aturan penting yang pertama adalah: jangan mengabaikan situs Anda. Untuk mendapatkan yang baik menjual, Anda harus memiliki media jual menarik. Jangan melihat situs Anda sebagai situs yang sederhana, melihatnya sebagai toko Anda. Setelah semua, apa toko Anda lebih memilih untuk masuk? Sebuah rapi, satu atau bersih yang kotor? Apakah Anda membeli dari yang kotor?
Begitulah pengunjung Anda akan melihatnya jika situs Anda tidak profesional. Harus ekspresi produk Anda, dan dapat sangat berguna jika memiliki rasa sendiri. Itulah yang akan membuat pelanggan membedakan Anda dari yang lainnya dan datang lagi, membeli lagi, dan bahkan merujuk Anda kepada orang lain. Ini disebut branding dan ya, pemasaran online tidak berbeda dari rekan offline nya.
Selain itu, situs Anda harus dapat memimpin cepat. Cobalah menghindari animasi flash atau hal-hal seperti itu yang hanya akan membuat situs Anda beban dengan susah payah. Hal ini hanya akan membuat pengunjung Anda merasa jengkel dan meninggalkan dalam sekejap. Lagi pula, mengapa tinggal di tempat Anda ketika mereka memiliki semua pilihan yang tersedia lainnya hanya dengan sekali klik?
E-commerce juga tentang satu hal penting lainnya: niche pemasaran. Seperti saya katakan, persaingan sengit di semua tetapi beberapa bidang kegiatan di internet. Itu sebabnya Anda perlu untuk membedakan dari yang lain dengan niche pemasaran.
Niche pemasaran dasarnya adalah apa namanya. Anda harus memilih niche tertentu dan untuk mendominasi itu, dan lebih bawah Anda dapat memecahkannya, semakin besar peluang Anda untuk sukses. Tentu saja, Anda tidak ingin pergi ridiculously bawah, seperti menjual bola sepak dengan titik-titik kuning dan hitam hijau saja. Dalam contoh ini, menjual segala macam bola sepak bola akan menjadi pilihan yang cukup bagus.
Dan last but not least, untuk menjadi internet marketer sukses, Anda perlu satu hal lebih penting. Hal ini penting, mungkin yang paling penting mereka semua: pikiran yang terbuka. Jika Anda tidak memiliki itu, Anda mungkin akan mendapatkan terhuyung-huyung sepanjang jalan. Hal ini karena Anda tidak memiliki toko yang dapat Anda sentuh, itu hanya sebuah situs web. Setidaknya ini adalah apa yang orang lain akan berkata.
kebenaran adalah bahwa Anda harus memperlakukan secara serius, seperti bisnis lainnya. Jika Anda cerdas, Anda akan menjual jauh lebih banyak dibandingkan dengan toko offline. Inilah yang membuat e-commerce sehingga menarik setelah semua.
Rabu, 20 Oktober 2010
Menghitung PPh Pasal 21 Pegawai Tetap Tahun 2009
Dasar Hukum:
- Undang-undang Pajak Penghasilan Nomor 36 tahun 2009
- Peraturan Menteri Keuangan Nomor 252/PMK.03/2008 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemotongan Pajak Atas Penghasilan Sehubungan Dengan Pekerjaan, Jasa, Dan Kegiatan Orang Pribadi
- Peraturan Menteri Keuangan Nomor 250/PMK. 03/2008 tentang Besarnya Biaya Jabatan atau Biaya Pensiun yang dapat Dikurangkan dari Penghasilan Bruto Pegawai Tetap atau Pensiunan
Pengertian Pegawai Tetap
Pegawai tetap adalah pegawai yang menerima atau memperoleh penghasilan dalam jumlah tertentu secara teratur, termasuk anggota dewan komisaris dan anggota dewan pengawas yang secara teratur terus menerus ikut mengelola kegiatan perusahaan secara langsung, serta pegawai yang bekerja berdasarkan kontrak untuk suatu jangka waktu tertentu sepanjang pegawai yang bersangkutan bekerja penuh (full time) dalam pekerjaan tersebut.
Penghasilan yang dipotong PPh Pasal 21
Penghasilan yang diterima atau diperoleh Pegawai tetap, baik berupa penghasilan yang bersifat teratur maupun tidak teratur
Penghasilan yang tidak dipotong PPh Pasal 21
Tidak termasuk dalam pengertian penghasilan yang dipotong PPh Pasal 21 adalah:
- Pembayaran manfaat atau santunan asuransi dari perusahaan asuransi sehubungan dengan asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi dwiguna, dan asuransi bea siswa;
- Penerimaan dalam bentuk natura dan/atau kenikmatan dalam bentuk apapun diberikan oleh Wajib Pajak atau Pemerintah
- Iuran pensiun yang dibayarkan kepada dana pensiun yang pendiriannya telah disahkan oleh Menteri Keuangan, iuran tunjangan hari tua atau iuran jaminan hari tua kepada badan penyelenggara tunjangan hari tua atau badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja yang dibayar oleh pemberi kerja;
- Zakat yang diterima oleh orang pribadi yang berhak dari badan atau lembaga amal zakat yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah, atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia yang diterima oleh orang pribadi yang berhak dari lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah;
- Beasiswa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 (3) huruf l Undang-Undang Pajak Penghasilan.
Pajak Penghasilan yang ditanggung oleh pemberi kerja, termasuk yang ditanggung oleh Pemerintah, merupakan penerimaan dalam bentuk kenikmatan sebagaimana dimaksud pada huruf b.
Dasar pengenaan dan pemotongan PPh Pasal 21
Dasar pengenaan dan pemotongan PPh Pasal 21 Pegawai Tetap adalah Penghasilan Kena Pajak
Menghitung Penghasilan Kena Pajak
Penghasilan Kena Pajak bagi pegawai tetap adalah sebesar penghasilan neto dikurangi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)
Besarnya penghasilan neto bagi pegawai tetap yang dipotong PPh Pasal 21 adalah jumlah seluruh penghasilan bruto dikurangi dengan:
- Biaya jabatan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 21 ayat (3) Undang-Undang Pajak Penghasilan;
- Iuran yang terkait dengan gaji yang dibayar oleh pegawai kepada dana pensiun yang pendiriannya telah disahkan oleh Menteri Keuangan atau badan penyelenggara tunjangan hari tua atau jaminan hari tua yang dipersamakan dengan dana pensiun yang pendiriannya telah disahkan oleh Menteri Keuangan.
Biaya Jabatan
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-250/PMK. 03/2008, besarnya biaya jabatan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto untuk penghitungan pemotongan Pajak Penghasilan bagi pegawai tetap ditetapkan sebesar 5% dari Penghasilan Bruto, setinggi-tingginya Rp 6.000.000,00 setahun atau Rp 500.000,00 sebulan.
Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)
Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak adalah bagi:
- Wajib Pajak :Rp 15.840.000,-
- Tambahan status kawin :Rp 1.320.000,-
- Istri Bekerja :Rp 15.840.000,-
- Tambahan tanggungan : Rp 1.320.000,- (Maksimal 3)
PTKP bagi Karyawati
Besarnya PTKP bagi karyawati berlaku ketentuan sebagai berikut:
- Bagi karyawati kawin, sebesar PTKP untuk dirinya sendiri;
- Bagi karyawati tidak kawin, sebesar PTKP untuk dirinya sendiri ditambah PTKP untuk keluarga yang menjadi tanggungan sepenuhnya.
Dalam hal karyawati kawin dapat menunjukan keterangan tertulis dari pemerintah daerah setempat serendah-rendahnya kecamatan yang menyatakan suaminya tidak menerima atau memperoleh penghasilan, besarnya PTKP adalah PTKP untuk dirinya sendiri ditambah PTKP untuk status kawin dan PTKP untuk keluarga yang menjadi tanggungan sepenuhnya.
Tarif Pemotongan PPh Pasal 21
Bagi Pegawai Tetap tarif PPh Pasal 21 adalah berdasarkan Pasal 17 ayat (1) huruf a Undang-Undang Pajak Penghasilan diterapkan atas Penghasilan Kena Pajak, yaitu:
- Penghasilan s.d Rp 50.000.000, tarif 5%
- Penghasilan s.d Rp 50.000.000 s.d. Rp 250.000.000, tarif 15%
- Penghasilan Rp 250.000.000 s.d. Rp 500.000.000, tarif 25%
- Penghasilan di atas Rp 500.000.000, tarif 30%
Ketentuan Penghitungan PPh Pasal 21
1. Untuk perhitungan PPh Pasal 21 yang harus dipotong setiap masa pajak, kecuali masa pajak terakhir, tarif diterapkan atas perkiraan penghasilan yang akan diperoleh selama 1 (satu) tahun, dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Perkiraan atas penghasilan yang bersifat teratur adalah jumlah penghasilan teratur dalam 1 (satu) bulan dikalikan 12 (dua belas);
b. Dalam hal terdapat tambahan penghasilan yang bersifat tidak teratur, maka perkiraan penghasilan yang akan diperoleh salama 1 (satu) tahun adalah sebesar jumlah pada huruf a ditambah dengan jumlah penghasilan yang bersifat tidak teratur.
2. Jumlah PPh Pasal 21 yang harus dipotong untuk setiap masa pajak adalah:
a. Atas penghasilan yang bersifat teratur adalah sebesar Pajak Penghasilan terutang atas jumlah penghasilan teratur dibagi 12 (dua belas):
b. Atas penghasilan yang bersifat tidak teratur adalah sebesar selisih antara Pajak Penghasilan yang terutang, atas jumlah penghasilan tidak teratur dengan Pajak Penghasilan yang terutang atas jumlah penghasilan teratur
Pegawai Pindahan Baru
Dalam hal pegawai tetap mempunyai kewajiban pajak subjektif terhitung sejak awal tahun kalender dan mulai bekerja setelah bulan januari, termasuk pegawai yang sebelumnya bekerja pada pemberi kerja lain, banyaknya bulan yang menjadi faktor pengali sebagaimana dimaksud pada angka (1) atau faktor pembagi sebagaimana dimaksud pada angka (2) adalah jumlah bulan tersisa dalam tahun kalender sejak yang bersangkutan mulai bekerja.
Pegawai Berhenti Bekerja
Dalam hal pegawai tetap berhenti bekerja sebelum bulan desember dan jumlah PPh Pasal 21 yang telah dipotong dalam tahun kalender yang bersangkutan lebih besar dari PPh pasal 21 yang terhutang untuk 1 (satu) tahun pajak, maka kelebihan PPh Pasal 21 yang telah dipotong tersebut dikembalikan kepada pegawai tetap yang bersangkutan bersamaan dengan pemberian bukti pemotongan PPh Pasal 21, paling lambat akhir bulan berikutnya setelah berhenti bekerja.
Penghitungan PPh Pasal 21 Masa Terakhir
Sehubungan sudah tidak adanya lagi SPT Tahunan PPh Pasal 21, maka besarnya PPh Pasal 21 yang harus dipotong untuk masa pajak terakhir adalah selisih antara Pajak Penghasilan yang terutang atas seluruh penghasilan kena pajak selama 1 (satu) tahun pajak atau bagian tahun pajak dengan PPh Pasal 21 yang telah dipotong pada masa-masa sebelumnya dalam tahun pajak yang bersangkutan. Masa Pajak terakhir adalah masa Desember atau masa pajak tertentu di mana pegawai tetap berhenti bekerja.
Pegawai Asing
Dalam hal pegawai tetap kewajiban pajak subjektifnya hanya meliputi bagian tahun pajak, perhitungan PPh Pasal 21 yang terutang untuk bagian tahun pajak tersebut dihitung berdasarkan penghasilan kena pajak yang disetahunkan, sebanding dengan jumlah bulan dalam bagian tahun pajak yang bersangkutan.
Tarif PPh Pasal 21 bagi yang tidak Mempunyai NPWP
(1) Bagi Penerima Penghasilan yang Dipotong PPh Pasal 21 yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, dikenakan pemotongan PPh Pasal 21 dengan tarif lebih tinggi 20% (dua puluh persen) daripada tarif yang diterapkan terhadap Wajib Pajak yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.
(2) Jumlah PPh Pasal 21 yang harus dipotong sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebesar 120 % (seratus dua puluh persen) dari jumlah PPh Pasal 21 yang seharusnya dipotong dalam hal yang bersangkutan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.
(3) Pemotongan PPh Pasal 21 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya berlaku untuk pemotongan PPh Pasal 21 yang bersifat tidak final.
(4) Dalam hal penerima penghasilan yang telah dipotong PPh Pasal 21 dengan tarif yang lebih tinggi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak, PPh Pasal 21 yang telah dipotong tersebut dapat diperhitungkan dengan PPh Pasal 21 yang terutang untuk bulan-bulan selanjutnya setelah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.
Saat Terutang PPh Pasal 21
(1) PPh Pasal 21 terutang bagi Penerima Penghasilan pada saat dilakukan pembayaran atau pada saat terutangnya penghasilan yang bersangkutan.
(2) PPh Pasal 21 terutang bagi Pemotong PPh Pasal 21 dan atau PPh Pasal 26 untuk setiap masa pajak.
(3) Saat terutang untuk setiap masa pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) adalah akhir bulan dilakukannya pembayaran atau pada akhir bulan terutangnya penghasilan yang bersangkutan.
Contoh Perhitungan:
Tommy bekerja pada perusahaan PT Multi Dinamika dengan memperoleh Gaji sebulan Rp. 3.000.000,00 dan membayar iuran pensiun sebesar Rp. 75.000,00. Tommy menikah tetapi belum mempunyai anak. Penghitungan PPh Pasal 21-nya adalah sebagai berikut : | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| |
link : http://www.ziddu.com/download/12155129/calc03_pph21_601.rar.html sumber : pajak.net
|
Kamis, 14 Oktober 2010
E-BUSINESS
eBusiness Type
Dilihat dari jenis eBusiness, nampaknya perkembangan pemakaian alat-alat elektronik dan digital sebagai medium komunikasi dan relasi bisnis (digital relationship) jauh lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan cara yang sama untuk melakukan perdagangan atau transaksi jual beli (eCommerce). Berdasarkan fenomena ini, prospek atau peluang bisnis nampak bagi perusahaan-perusahaan yang dapat membantu manajemen perusahaan dalam mengimplementasikan berbagai jenis komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi digital yang terjadi pada backoffice. Sebutlah misalnya konsep backoffice semacam e-Procurement, e-Supply Chain, ERP, dan lain sebagainya yang pada prinsipnya dipergunakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas komunikasi antara divisi maupun antara perusahaan dengan mitra bisnisnya. Kecenderungan meningkatnya jenis eBusiness ini didasarkan pada suatu riset yang mengatakan bahwa ternyata kurang lebih 40% dari biaya total perusahaan habis dialokasikan untuk mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan lalu lintas informasi secara konvensional.
Ada 7 (tujuh) klasifikasi entitas yang kerap diilustrasikan dalam e-business :
1.Agent
2.Business
3.Consumer
4.Device
5.Employee
6.Family
7.Government
Manfaat yang diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
1. Pelayanan Pelanggan yang lebih baik.
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
3. Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
1. Biaya tinggi.
2. Masalah keamanan.
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
1.Sambungan langsung , perusahan dapat membentuk jaringan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum.
2.Jaringan bernilai tambah , disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3.Internet , memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
• Pelaku E-Business
‐ Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
• Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
‐ Teknologi informasi dan komunikasi
‐ Komputer, data yang telah terkomputerisasi
‐ internet
• Kegiatan Sasaran
‐ Kegiatan bisnis
‐ Proses bisnis utama
‐ Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
‐ Operasi bisnis utama
• Tujuan
‐ Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
‐ Transformasi proses bisnis
‐ Sharing informasi
• Keuntungan
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Memberikan nilai bisnis yang berbeda
- Efisien
- Peningkatan produktivitas dan keutungan
Sumber dari :
Wikipedia.com
Bab 6 perdagangan melalui Jaringan elektronik (System informasi manajemen 1 )
http://dasmitz.blogspot.com/2007/12/10-prospek-e-business-di-indonesia.html
Selasa, 05 Oktober 2010
alur SIA dan penjelasannya pada perusahaan PT.tidurnyenyak setiap hari
contoh dalam pembuatan alur sistem informasi akuntansi
Profile perusahaan
PT. Tidur nyenyak setiap hari merupakan perusahaan distributor yang bergerak dibidang penjualan perlengkapan kamar tidur yang terdiri dari : kasur, bantal, guling, bedcover, sprei,dll. Perusahaan ini berlokasi di jakarta dan sekitarnya dan telah memiliki beberapa cabang di bandung dan surabaya.
Contoh konteks diagram SIA PT. Tidur nyenyak setiap hari
Dibawah ini contoh alur pembuatan Sistem Informasi Akuntansi pada PT. Tidur nyenyak setiap hari.
Pada gambar alur diatas terlihat pencatatan penjualan dan pembelian perusahaan yang kemudian dibuat kedalam konteks diagram Sistem Informasi Akuntansi
Sumber :
- http://www.docstoc.com/docs/7203905/PEMBUATAN-SISTEM-INFORMASI-AKUNTANSI
- www.google.co.id
- www.bibsonomy.org
Senin, 01 Maret 2010
cinta tanah air dan budaya indonesia
Puji sukur kehadirat ALLA SWT yang telah memberikan kita kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan,bersyukurlah kita yang masih di beri kesempatan olehnya untuk menjalani hidup yang penuh arti ini,dengan begitu kita bisa trus berkarya dalammelakukan hal yang positif selama kita hidup.Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis sebuah makalah tentang pentingnya arti makna CINTA TANAH AIR INDONESIA.
Makalah yang saya buat ini adalah untuk menyempurnakan nilai softskill saya,dan juga di terbitkan di blog saya,agar semua masarakat indonesia sadar akan pentingnya MAKNA CINTA TANAH AIRINDONESI,disamping itu juga makalah ini menambah nilai mata kuliah PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN saya.
BAB I
PENDAHULUAN
Cinta adalah sebuah kata yang biasanya sering digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang kepada seseorang yang kita kasihi dan sayangi.Bukan hanya seseorang yang patut kita sayangi dan kasihi tapi semua hal yang ada di sekeliling kita patut kita sayangi dan kita kasihi,seperti kita menyayangi seseorang dengan sepenuh hati dan takut untuk kehilanganya. Sama halnya juga seperti kita Mencintai ALLAH SWT yang telah menciptakan dunia ini umumnya dengan begitu indahnya,dan memberikan indonesia khususnya sumberdaya alam yang melimpah, kita harus bersyukur apa yang telah ALLAH SWT berikan pada kia,maka dari itu CINTAILAH TANAH AIR INDONESIA dengan begitu kita dapat menjaga apa yang telah dititipkan oleh ALLAH pada kita.
Bagaimana dengan keaadan saat ini masih adakah mereka yang mencintai Tanah airnya sendiri yaitu INDONESIA yang kaya akan sumberdaya alamnya?! dari mulai pejabat tingi sampai rakyat biasa. Mereka yang di pemerintahan sana hanya memikirkan kedudukan dan kekuasaan yang penting sandang dan pangan mereka terpenuhi tanpa memikirkan kondisi indonesia yang sedang carut marut ini,Kesadaran akan kecintaan pada tanah airnya sendiri masih begitu kurang maka keadaan yang carut marut itu tidak dapat di hindari,sebagai seorang yang berkebangsaan Indonesia seharusnya mereka bangga pada kekayaan bahari dan sumber daya alam yang melimpah .
BAB II
PEMBAHASAN
Rasa kecintaan tanah air yang mulai berangsur-angsur berkurang,terlihat dari gaya anak remaja jaman sekarang,mereka lebih memilih budaya barat ketimbang budaya mereka sendiri yang mereka bilang itu kuno padahal itu punya tanah air kita tercinta indonesia,padahal jika kita mengembangkan budaya kita sendiri kita bisa memperomosikannya ke luar negri,dengan begitu kita sudah menunjukan rasa cinta pada tanah air kita INDONESIA. Budaya indonesia yang beragam dan banyak macamnya dari berbagai macam suku bangsa mulai dari sabang sampai merauke bisa kita manfaatkan memperkenalkan negara kita indonesia,maka dari itu mari tumbuhkan rasa cinta tanah air kita dari mulai hal yang terkecil.
Kita punya banyak warisan budaya jangan sampai budaya itu punah begitu saja dan jangan biarkan pula budaya kita di curi oleh negara lain,yang jelas-jelas itu punya kita. Sekali lagi kita harus bangga mempunyai rberagam budaya,kita bisa menghasilkan devisa yang melimpah dari sektor pariwisata jika kita bisa menjaganya bersama-sama. Bukan hanya dari sektor budaya saja kita bisa mengekspresikan kecintaan kita,tapi dengan menjaga lingkungan dan keharmonisan antar umat beragama pun wajib di jaga, dengan begitu kesejahteraan antar suku di indonesia pun akan terjalin baik dengan sendirinya.
Penutup
Dengan membudidayakan kebudayaan indonesia dan memperomosikannya,kita telah menunjukan rasa cinta tanha air kita indonesia,makak dari itu mulai dari sekarang kita jaga warisan budaya nenek moyang kita,dan juga jaga rasa nasionalis kita untuk keutuhan NKRI.